Sharing seputar informasi gadget dan teknologi terbaru.

Inovasi Terbaru dari Game Angry BIrds 2

[Bagikan artikel ini ke Facebook]
Source: Rovio
RakitGadget - Siapa tak mengenal Angry Birds? Baik tua maupun muda, semuanya menyukai game besutan Rovio Entertainment itu. Di awal kemunculannya di tahun 2009 silam, Angry Birds menjadi 'dewanya' game mobile.

Bila diibaratkan, 7 dari 10 pengguna yang memiliki smartphone maupun tablet telah menginstal game side-scrolling itu.

Sepanjang sejarah kemunculannya, si burung pemarah ini kemudian telah menjadi sosok yang ikonik yang eksis di berbagai media. Tak puas hanya satu seri, Rovio kerap merilis berbagai macam judul dan konsep dari game Angry Birds itu sendiri.

Selama enam tahun berkiprah di jagat game mobile, Angry Birds hadir dengan berbagai macam seri, sebut saja Angry Birds Space, Angry Birds Rio, Angry Birds Friends, Angry Birds Season, Angry Birds Star Wars, Angry Birds Go!, Angry Birds Transformers, hingga Angry Birds Stella. Pun begitu, Rovio belum pernah merilis sekuel resmi dari game side-scrolling itu.

Bertajuk Angry Birds 2, game ini nyatanya masih cukup populer di kalangan pengguna gadget. Terbukti, selang 12 jam dirilis di Google Play Store dan Apple App Store, Angry Birds 2 langsung memperoleh 1 juta unduhan. Meski masih cukup populer, namun tak sedikit pula yang mencibir dan menganggap game ini sudah out of date alias basi.

Sama halnya dengan beberapa gamer lainnya, penasaran dengan sepak terjang Angry Birds 2. Berikut hasil review setelah memainkan Angry Birds 2 selama beberapa hari.

Gambar: Detik

Alur cerita dari Angry Birds 2 ini sebenarnya masih sama dengan yang diceritakan di seri pertama, dimana para babi dikisahkan mencuri telur-telur milik sang burung. Merasa diintimidasi oleh para babi, sang burung lantas menaruh dendam dan memburu para babi hingga ke markas-markasnya. Ya, seperti itu lah kira-kira alur cerita yang disajikan.

Beralih ke gameplay. Bila dilihat sepintas, gameplay Angry Birds 2 memang tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Tarik burung dari pelatuk ketapel, lalu lontarkan ke arah bangunan tempat para babi bertengger.

Namun jika diperhatikan, gameplay di Angry Birds 2 memiliki peningkatan yang cukup signifikan ketimbang yang sebelumnya. Salah satunya adalah hadirnya multiple-stage dalam setiap level yang ada. Jadi dalam satu level Anda akan menemukan lebih dari satu stage bermain. Bisa dua, bisa tiga, atau mungkin bisa empat.

Jika Anda sukses menyelesaikan stage pertama, secara otomatis akan bergeser ke stage berikutnya. Bentuk bangunannya juga berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Jadi jika Anda melakukan retry, belum tentu bentuk bangunannya akan sama seperti yang sebelumnya Anda mainkan.

Bentuk level kali ini dibuat semenarik mungkin dengan konsep pemetaan. Tidak seperti dulu yang hanya berbentuk kotak-kotak, kini antara satu level ke level lain berbentuk jalur yang mirip dengan pemetaan level dalam game Candy Crush. Tapi tenang, Anda tidak perlu meminta tiket kepada teman untuk bisa berlanjut ke tahap berikutnya kok.

Menariknya, kini Anda tidak lagi meraba-raba ke mana arah burung akan terbang. Hal ini dikarenakan, kini terdapat garis arah yang membantu Anda mengarahkan ke mana burung akan terbang.

Oh iya, hal yang menyebalkan di sini adalah hadirnya sistem live atau nyawa. Live di sini hanya berkurang apabila Anda melakukan give up dan retry ketika berada di tengah-tengah permainan. Satu kali nyawa akan terisi dalam kurun waktu sekitar 30 menit. Kalau tidak sabar, bisa membelinya menggunakan gem.

Tentu saja gem bisa didapat secara gratis melalui permainan, meski jumlahnya tidak seberapa. Di luar itu, harus merogoh kocek untuk bisa mendapatkan gem. Tapi tenang, jangan khawatir. Live bisa diakali dengan cara mengganti waktu pada perangkat Anda.

Setelah keluar dari permainan, jangan lupa untuk menutup aplikasi (background). Pergi ke pengaturan tanggal pada menu setting dan pilih pengaturan tanggal secara manual. Pindahkan saja ke hari yang diinginkan, lalu buka kembali aplikasi Angry Birds 2 maka Anda akan mendapati nyawa Anda terisi penuh.

Jangan lupa untuk melakukan langkah pertama sebelum memulai permainan guna menormalkan kembali waktu dan tanggal Anda. Karena bila Anda lupa, maka waktu dan tanggal akan menjadi acak-acakan bukan. Cara yang cukup ribet memang, tapi paling tidak ini cukup membantu.

Gambar: Detik
Lalu bagaimana dengan jumlah burung yang dilontarkan? Jumlah burung yang siap menghancurkan markas kini tak lagi sejenis. Dalam satu permainan Anda bisa melontarkan dua hingga tiga jenis burung sekaligus. Burung-burung tersebut hadir dalam bentuk kartu. Jadi, ketika akan memilih burung mana yang ingin Anda lontar, cukup tap kartu yang diinginkan, selanjutnya sang burung akan siap berada di atas ketapel.

Nah, karena ini multiple-stage, maka jumlah burung yang hadir tergantung dari kejelian Anda dalam menghancurkan markas. Maksudnya begini, jika Anda mampu menghasilkan tingkat kehancuran (destructible) yang maksimal, akan mendapatkan kartu tambahan (extra card). Kartu tambahan ini tak lain merupakan karakter yang dipakai untuk melancarkan serangan di stage berikutnya.

Jenis burung yang hadir di Angry Birds 2 ini sebenarnya juga tak jauh berbeda dengan burung-burung yang sudah hadir sebelumnya, yakni Red, Blues, Chuck, Bomb, Matilda, dan Terrence. Hanya saja, kini Rovio memperkenalkan satu burung baru bernama Silver. Burung berwarna perak dengan jambul ke belakang ini memiliki kemampuan untuk melakukan looping (manuver) ke belakang.

Di samping kartu-kartu burung, hadir pula kartu ability. Sepanjang kami me-review, kami baru menemukan adanya dua kartu ability, yakni duck dan ice. Ability duck memungkinkan Anda untuk menghujani markas musuh dengan serangan bebek karet berwarna kuning. Sementara ice mampu mengubah bangunan markas musuh menjadi es. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menyerangnya dengan menggunakan burung Blues yang memang memiliki spesialisasi menyerang bangunan es.
Gambar: Detik
Secara keseluruhan Angry Birds 2 mampu menjadi game penghibur di waktu yang senggang. Kami pribadi mengganggap game ini bukanlah game yang membosankan. Di saat sejumlah game membutuhkan koneksi internet untuk bisa bermain, game ini masih tetap asyik dimainkan secara offline.

Basi? Memang secara gameplay Angry Birds 2 tidak jauh berbeda dengan Angry Birds yang sudah-sudah. Meski begitu, Rovio sudah berusaha untuk melakukan sejumlah peningkatan agar game sekuelnya ini tidak sia-sia. Dari segi grafis, game ini sangat baik. Multiple-stage dan konsep pemetaan level adalah faktor yang menurut kami sangat bagus.

Sangat disayangkan di Angry Birds 2 ini hadir sistem mikrotransaksi yang sebetulnya tidak terlalu mengganggu--sistem nyawa yang bisa diakali. Loadingnya pun cukup mengganggu yang sepertinya akan berimbas parah terhadap perangkat dengan spesifikasi rendah.

Source
[Bagikan artikel ini ke Facebook]

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Inovasi Terbaru dari Game Angry BIrds 2"